Guru Professional Siap Mengabdi! IKIP Siliwangi Gelar Sumpah Profesi dan Pelepasan Lulusan PPG

Kegiatan dilanjutkan dengan pembacaan Surat Keputusan (SK) Rektor tentang Penetapan Kelulusan Mahasiswa Prajabatan Gelombang 2 Tahun 2022/2023, Dalam Jabatan Angkatan 1 Tahun 2023 dan Retaker. Pembacaan tersebut dilakukan oleh Dr. Asep Samsudin. selaku Koordinator PPG IKIP Siliwangi. Kemudian, dilanjutkan dengan pengambilan sumpah profesi guru oleh Rektor IKIP Siliwangi, Prof. Dr. Hj. Euis Eti Rohaeti, M.Pd,. dan diikuti oleh para lulusan. Setelah sumpah selesai, dilanjutkan dengan pembacaan nama dan pengambilan sertifikat para lulusan.

Rektor IKIP Siliwangi, Prof. Hj. Euis Eti Rohaeti, M.Pd. tengah memberi sambutan

“Lulusan PPG Prajabatan telah menempuh 1 tahun masa pendidikan dan PPG Dalam Jabatan menempuh 3 bulan masa pendidikan. Mereka yang telah dinyatakan lulus Uji Kompetensi Pendidikan Profesi Guru (UKPPG) berhak menyandang gelar profesi Guru atau Gr. Dan sebagai Guru Profesional sudah seyogyanya bertanggung jawab untuk meningkatkan kompetensi, pengetahuan dan keterampilan terkhusus harus melek teknologi,” ungkap Rektor IKIP Siliwangi dalam sambutannya. Lebih lanjut, Rektor IKIP Siliwangi juga menjelaskan bahwa sertifikasi guru yang diperoleh usai menempuh PPG Prajabatan diperlukan dalam mengikuti seleksi PPPK Guru. PPPK guru akan mengisi kebutuhan guru yang masih kosong di sekolah-sekolah. Hal ini menepis anggapan PPPK guru akan mengganggu keberadaan guru dengan status honorer yang telah lebih dulu bekerja.

Lanjut pada pemasangan selempang dan pemberian sertifikat pendidik secara simbolis kepada lulusan dari masing – masing bidang studi oleh ketua Program Studi PGSD, Galih Dani Septian Rahayu, M.Pd., Koordinator PPG, Dr. Asep Samsudin, M.Pd., Ketua Program Studi Matematika, Adi Nurjaman, M.Pd., Ketua Program Studi PG-PAUD, Ifat Fatimah Zahro, M.Pd., Ketua Program Studi Bahasa Inggris, Dr. Isry Laila Syathroh, M.Pd., Ketua Program Studi Bahasa Indonesia, Dr. Hj. Teti Sobari, M.Pd.

Inspektorat Jendral Kemendikbud Ristek, Dedi Supriyadi menuturkan bahwa pelepasan lulusan PPG IKIP Siliwangi menjadi sebuah prestasi yang membanggakan. Proses PPG ini akan menjadi SIM untuk Sertifikasi Guru. Jadilah Guru Profesional yang dapat memotivasi para generasi untuk meningkatkan kompetensi dan kualitas bangsa Indonesia, menjadi Indonesia maju dan Indonesia emas. Serta ucapan terima kasih pada civitas akademik IKIP yang telah melakukan proses PPG yang luar bisa dengan hasil kategori kelulusan yakni 100% lulus.

Galeri Foto Lainnya

 

Lulusan

Sesi-1 (Rabu)
Pendidikan Bahasa Indonesia
Pendidikan Bahasa Inggris
Pendidikan Matematika
Pendidikan Guru PAUD
Pendidikan Guru SD Daljab
Pendidikan Guru SD Prajab

Sesi-2 (Kamis)
Pendidikan Bahasa Inggris
Pendidikan Guru PAUD
Pendidikan Guru SD
Lainnya

Video Siaran Ulang

Sesi-1 (Rabu)

Sesi-2 (Kamis)

Scroll to Top