IKIP Siliwangi Wisuda 1222 Mahasiswa, Siap Hadapi Revolusi Industri 4.0

Rabu, 24 Oktober 2018

Sebanyak 1222 mahasiswa Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi dilantik pada Wisuda Sarjana ke 34 dan Pascasarjana ke 13 tahun 2018, di Gedung Graha Pancabhakti IKIP Siliwangi, Rabu (24/10/2018). Pelantikan dilakukan langsung oleh Rektor IKIP Siliwangi Dr.H.Heris Hendriana, M.Pd beserta Ibu Ketua Yayasan Kartika Jaya Ny Ana Dedi Iswanto didampingi para wakil rektor, dosen dan seluruh staf yang terdapat pada lingkungan Civitas Akademika IKIP Siliwangi.

Terdapat hal yang berbeda pada pelaksanaan wisuda tahun ini, hal tersebut dikarenakan pelaksanaan wisuda kali ini merupakan wisuda perdana setelah berganti nama menjadi IKIP Siliwangi. Tak berselang lama setelah pergantian nama tersebut, IKIP Siliwangi mendapatkan peringkat akreditasi B dari BAN-PT. Hasil akreditasi ini kembali menegaskan bahwa IKIP Siliwangi telah mampu bersaing dengan berbagai perguruan tinggi lainnya. Pada tahun 2018 ini IKIP Siliwangi mewisuda Sarjana sebanyak 1.222 mahasiswa dengan rincian 42 Magister Pendidikan Masyarakat, 64 Magister Pendidikan Matematika, 29 Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, 82 Sarjana Pendidikan Masyarakat, 320 Sarjana Pendidikan Bahasa Inggris, 274 Sarjana Pendidikan Bahasa Indonesia, 244 Sarjana Pendidikan Matematika, 97 Sarjana PG PAUD, 66 Sarjana PGSD dan 4 Sarjana Bimbingan Konseling. Peningkatan jumlah wisudawan tersebut sebanding dengan perkembangan jumlah prodi yang ada di IKIP Siliwangi. Dimana pada tahun 2016 terdapat beberapa program studi baru diantaranya adalah, Prodi Magister Bahasa Indonesia, Prodi S1-PGSD dan Prodi S1-Bimbingan Konseling.

Berdasarkan data yang dimiliki, alumni IKIP Siliwangi tersebar di berbagai penjuru tanah air bahkan hingga mancanegara. Hal tersebut dibuktikan ketika IKIP Siliwangi akan mengadakan kunjungan Internasional ke berbagai negara yang nyatanya dapat terbantu oleh berbagai alumni yang sedang berada di berbagai belahan dunia. Perkembangan IKIP Silwangi sebagai kampus yang smart dan inovative terus mengalami berbagai kemajuan dengan banyaknya capaian-capaian yang telah diraih sampai dengan saat ini, bahkan mimpi besar untuk menjadi reliable and friendly campus di tahun 2019 nanti akan genap terwujud jika seluruh civitas akademika IKIP Siliwangi saling bekerja sama dan terus bersinergitas seperti apa yang telah diperjuangkan pada saat ini. Guna memfasilitasi para mahasiswa calon alumni dan alumni terhadap kebutuhan informasi jenjang karir, IKIP Siliwangi mendirikan pusat karir yang diberi nama career development center atau disebut CDC IKIP Siliwangi. Lembaga yang dibentuk sesuai dengan arahan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek) yang telah dibentuk di IKIP Siliwangi ini selanjutnya juga akan menyiapkan beberapa fasilitas bagi calon alumni dan alumni seperti pengembangan pengetahuan alumni untuk dapat bekerja dilingkungan masyarakat yang sesuai bidangnya, informasi lowongan kerja dan informasi terkait lainnya. Perkembangan lainnya juga nampak dari penambahan jumlah sarana dan prasarana IKIP Siliwangi seperti pembangunan kampus II di daerah Ciburuy, Jawa Barat.

 

  • Statistik Pengunjung

    • 717930Total visitors:
    • 53Visitors today:
    • 0Visitors yesterday:
    • 467Visitors last week:
    • 1065Visitors per month:
    • 59Visitors per day:
    • 2Visitors currently online: