LSIP IKIP Siliwangi Selenggarakan EGG II Se-Pulau Jawa

Rabu, 14 November 2018

Unit Kegiatan Mahasiswa LSIP (lingkar studi ilmiah dan penalaran) IKIP Siliwangi menyelenggarakan E.G.G ( Event of Gold Generation) II 2018 Se-Pulau Jawa dan Tema yang diangkat dalam kegiatan ini adalah “Mengoptimalkan Potensi Generasi Muda yang Berdaya Saing Global untuk Mewujudkan Indonesia Emas 2045. Unit Kegiatan Mahasiswa LSIP (lingkar studi ilmiah dan penalaran) IKIP Siliwangi merupakan UKM yang bergerak dibidang kepenulisan seperti karya tulis ilmiah, penulisan essay, debat dan orasi ilmiah. Tidak hanya berbau ilmiah/ non fiksi saja namun di UKM LSIP ini dilatih pula bagaimana cara membuat karya fiksi seperti puisi, cerpen, dan novel. Sehingga selain kita memberikan karya berupa fakta-fakta dalam tulisan ilmiah, kita juga tetap dapat berkarya dengan berimajiasi sebebas mungkin dan dituangkan menjadi sebuah karya yang kita sebut dengan karya fiksi.

Kegitan ini diselenggarakan pada hari Sabtu-Minggu, 10-11 November 2018 dan secara resmi dibuka oleh Bapak Kepala BAAK IKIP Siliwangi Dr.Wahyu Hidayat, M.Pd.  Perlombaan karya tulis tersebut diikuti oleh 9 tim dari IKIP Siliwangi (2 tim), Universitas Indonesia, Universitas Negeri Malang (2 tim), Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Airlangga dan Universitas siliwangi.  Dari 9 tim terpilih 4 tim sebagai finalis yaitu dari Universitas Negeri Malang 2 tim, Universitas Negeri Yogyakarta dan IKIP Siliwangi. Adapun pemenang pada cabang lomba karya tulis ini yaitu: juara 1 Universitas Negeri Malang dengan ketua tim Munika Sulistiawati, juara 2 Universitas Negeri Yogyakarta dengan ketua tim Darul Hamim dan juara 3 Universitas Negeri Malang dengan ketua tim Yunita Miftahul Jannah.

Selain karya tulis adapula cabang lomba debat, cabang lomba ini memperebutkan piala bergilir gubernur jawa barat. Lomba debat sendiri diikuti oleh 8 tim dari 7 sekolah berbeda yaitu SMAN 11 Garut (2 tim), SMKN 1 Cimahi, SMAN 1 Cililin, SMK BIB Ngamprah, SMAN 1 Padalarang, SMA Yadika Soreang, SMA Pasundan Cimahi dan pemenang untuk cabang lomba ini yaitu: juara 1 SMAN 11 Garut A, juara 2 SMAN 11 garut B dan juara 3 SMAN 1 Cililin. Untuk cabang lomba cita puisi sendiri pemenangnya yaitu: juara 1 atas nama Agung Pebriandy dengan judul “Sajak Ini Apa” (IKIP Siliwangi), juara 2 Depia Santiani dengan judul “Hermonitas Rindu” (IKIP Siliwangi) dan juara 3 Gany Fitriani dengan judul “Aku” (IAIN Purwokerto).

  • Statistik Pengunjung

    • 724358Total visitors:
    • 17Visitors today:
    • 208Visitors yesterday:
    • 1632Visitors last week:
    • 2347Visitors per month:
    • 231Visitors per day:
    • 0Visitors currently online: