Tangani Citarum, IKIP Siliwangi selenggarakan KKN Tematik

Rabu, 14 November 2018

Sebanyak 50 mahasiswa Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi mengikuti program kuliah kerja nyata (KKN) Tematik di kawasan Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum. IKIP Siliwangi dipilih oleh Kemenristekdikti untuk mewakili kalangan perguruan tinggi di Indonesia yang turut andil melakukan program revitalisasi Sungai Citarum. KKN tematik DAS Citarum merupakan implementasi Peraturan Presiden Nomor 15 Tahun 2018 dengan bertujuan guna membantu dan menguatkan upaya penanggulangan dan pencegahan dalam mengatasi masalah limbah, sampah, dan pencemaran DAS Citarum.

Dalam kegiatan pembekalan peserta KKN Tematik DAS Citarum tersebut, Rektor IKIP Siliwangi Dr.H.Heris Hendriana, M.Pd. menjelaskan, mahasiswa yang diterjunkan ke masyarakat diharapkan dapat merubah pola fikir dan pola kehidupan masyarakat disekitar DAS Citarum dengan strategi hard skill dan soft skill. Hard Skill merupakan kemampuan mahasiswa dalam memberikan pendampingan penyuluhan sesuai dengan kompetensi bidang studi yang dimiliki, contohnya dengan melaksanakan program Bimbel, Kegiatan Seminar dan Aktivitas lainnya yang berhubungan dengan studi mereka saat berada di bangku kuliah. Sedangkan soft skill merupakan kemampuan mahasiswa dalam memberikan pendampingan penyuluhan dengan pendekatan persuasif kepada masyarakat secara berkelanjutan. Selain dari civitas akademik IKIP Siliwangi, turut hadir juga dalam pembekelan tersebut Dansektor IX Kol.Inf.Dr. Arief Prayitno S.Ip., SH, M.Hum dan Dian Elvira, S.Ip dari Dinas Lingkungan Hidup Prov.Jawa Barat.

Pada tahapan  selanjutnya, para mahasiswa harus membagi ilmunya kepada masyarakat melalui pendampingan terhadap kelompok – kelompok masyarakat di sekitar sungai Citarum mulai dari tingkat RT, RW, Kelurahan hingga Kecamatan. Pendampingan dilakukan secara intensif hingga kelompok – kelompok masyarakat di sekitar sungai sudah paham tentang kebijakan program Citarum Harum, serta potensi DAS sungai Citarum. Mahasiswa tersebut mulai melaksanakan KKN Tematik per tanggal 10 Nopember 2018 selama satu bulan penuh. Mereka ditempatkan di 3 desa yakni Cililin, Mekarjaya dan Cihampelas serta di 2 kecamatan yakni kecamatan Cihampelas dan Kecamatan Cililin.

  • Statistik Pengunjung

    • 724358Total visitors:
    • 17Visitors today:
    • 208Visitors yesterday:
    • 1632Visitors last week:
    • 2347Visitors per month:
    • 231Visitors per day:
    • 0Visitors currently online: