Dukung Citarum Harum, IKIP Siliwangi Gelar Pelatihan Kewirausahaan bagi Nelayan Jaring Apung Bendungan Saguling

Minggu, 2 Desember 2018

Dalam rangka mendukung program Citarum Harum, sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 15/ 2018, IKIP Siliwangi menggelar pelatihan kewirausahaan bagi Nelayan Keramba Jaring Apung (KJA) Wilayah Cihampelas. Acara tersebut dilaksanakan pada hari Minggu, 2 Desember 2018 bertempat di Bening Saguling Foundation, Desa Cihampelas, Kecamatan Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat.

IKIP Siliwangi sebagai salah satu perguruan tinggi yang ditugaskan untuk terlibat secara langsung dalam program Citarum Harum, oleh Kementerian Riset dan Teknologi, menggagas program Pembelajaran Inovatif berbasis Hardskills dan Softskills dalam Memberdayakan Masyarakat di Wilayah Tengah Citarum. Upaya utama dalam proses edukasi ini adalah menempatkan 50 orang mahasiswa yang disebar di tiga desa, yaitu Desa Cihampelas dan Desa Mekarjaya, Kecamatan Cihampelas dan Desa Cililin, Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat.

Selain melaksanakan program tersebut, maka dilaksanakan pula kegiatan Bimbingan Belajar, Pendampingan Keluarga dan Pelatihan Kewirausahaan. Pelatihan kewirausahaan dilaksanakan bagi Nelayan Keramba Jaring Apung (KJA) di wilayah Cihampelas, masyarakat sekitar bantaran Sungai Citarum dan Aktivis Lingkungan, dengan Pemateri Anang Maghfur, M.Pd. selaku konsultan pertanian dan aktivis lingkungan, Indra Darmawan, M.Pd. (founder Bening Saguling Foundation) dan beberapa pemateri lainnya. Pemateri yang disampaikan adalah pemanfaatan daur ulang sampah dan nilai ekonomis dalam pemanfaatan sampah organik yang dapat dijadikan mata pencaharian tambahan. Termasuk pengembangan pertanian terapung, hidroponik dan pemanfaatan silase untuk peternakan kambing atau sapi. Selain juga membahas tentang pemanfaatan biogas dalam rangka membangun kemandirian energi masyarakat, baik dengan sampah organik, maupun dengan menggunakan limbah kotoran ternak.

Dalam kesempatan tersebut, hadir Wakil Rektor I sekaligus Ketua Pelaksana Program Pembelajaran Inovatif Citarum Harum, Dr. Hj. Euis Eti Rohaeti, M.Pd., Wakil Rektor III, Dr. H. Ade Sadikin Akhyadi, M.Si dan dosen pembimbing KKN Tematik IKIP Siliwangi. Dalam Sambutannya, Wakil Rektor I, Dr. Hj. Euis Eti Rohaeti, M.Pd. menyampaikan bahwa program ini adalah salah satu kontribusi nyata IKIP Siliwangi untuk mendukung pelaksanaan Perpres No. 15/ 2018 tentang Percepatan Pengendalian Pencemaran Citarum, dengan melaksanakan beragam program edukasi yang membantu masyarakat untuk memahami tentang proses pengolahan sampah, pemanfaatan sampah hingga pemilahan sampah di tingkat keluarga, sehingga pembekalan tidak hanya dilakukan secara insidental, tapi berkelanjutan yang juga memberdayakan masyarakat.

Sedangkan Wakil Rektor III, Dr. H. Ade Sadikin Akhyadi, M.Si. dalam sambutannya menyebutkan bahwa program Citarum Harum merupakan cara untuk membangun kesadaran masyarakat sekaligus mempersiapkan generasi penerus yang sadar ekologi. Sehingga tidak hanya memanfaatkan Citarum, tetapi sekaligus melestarikan Citarum sebagai aset alam yang perlu dijaga kondisinya.

 

  • Statistik Pengunjung

    • 724358Total visitors:
    • 17Visitors today:
    • 208Visitors yesterday:
    • 1632Visitors last week:
    • 2347Visitors per month:
    • 231Visitors per day:
    • 0Visitors currently online: