Implementasi Tridharma Perguruan Tinggi : IKIP Siliwangi Berikan Pendidikan dan Pelatihan KKN dan PLP

Minggu, 14 Juli 2019

Dalam rangka melaksanakan tridharma perguruan tinggi, IKIP Siliwangi melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) bagi tidak kurang dari 1.300 orang mahasiswa. Acara dilaksanakan di Gedung Graha Panca Bhakti IKIP Siliwangi pada tanggal 3 dan 12 Juli 2019.

Rangkaian acara dibuka oleh Wakil Rektor I, Dr. Hj. Euis Eti Rohaeti, M.Pd. dan sambutan dari Rektor IKIP Siliwangi, Dr. H. Heris Hendriana, M.Pd. Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Kepala Lembaga Pengembangan Profesi (LPP), Anita Anggraeni, M.Pd. dan tim Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM).

Dalam penyampaian materi tentang pelaksanaan KKN IKIP Siliwangi, Wakil Rektor I IKIP Siliwangi menjelaskan bahwa mahasiswa yang ditugaskan untuk melaksanakan KKN adalah mereka yang telah terpilih dan menyelesaikan rangkaian proses perkuliahan yang menjadi syarat bagi mahasiswa yang akan mengontrak KKN. Tema utama KKN tahun 2019 adalah internalisasi kesadaran masyarakat dalam bidang ekologi, sehingga dapat memberikan penyadaran kepada masyarakat melalui pengolahan sampah secara mandiri di tingkat keluarga dengan berbagai kegiatan kreatif, seperti bimbingan belajar di setiap posko, program reduce, reuse dan recycle sampah di tingkat rumah tangga.

Sedangkan rektor IKIP Siliwangi, Dr. H. Heris Hendriana, M.Pd. mengungkapkan bahwa program KKN adalah kebijakan utama dalam membangun karakter mahasiswa IKIP Siliwangi yang memahami peran dan statusnya di tengah masyarakat. Sehingga pada saat lulus, mahasiswa dapat menempatkan dirinya di tengah masyarakat secara tepat dan mampu bergerak secara produktif.

Selain pemateri teknis dari LPP dan LPPM, IKIP Siliwangi juga menghadirkan Asisten Daerah bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Cimahi, Dikdik Suratno Nugrahawan, S.Si., M.M. juga Kepala Seksi Peningkatan Kapasitas Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Lingkungan Hidup Kota Cimahi, Ervin Siahaan,  S.T.,  M.T.

IKIP Siliwangi selain menggelar program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mandiri, juga menyelenggarakan program KKN Tematik bertema Zero Waste yang bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kota Cimahi. Selian itu pula, melaksanakan program Gerakan IKIP Siliwangi Mengajar (GISMA) yang secara khusus menempatkan mahasiswa terpilih untuk melaksanakan KKN di seluruh wilayah Jawa Barat, dengan tema ekologi. Tema ini dipilih berdasarkan kondisi lingkungan masyarakat Jawa Barat yang membutuhkan peningkatan kesadaran dalam bidang lingkungan. Program ini juga memiliki keunikan, karena menggabungkan program KKN dan PLP dalam satu waktu dengan program yang lebih bervariatif, sehingga mahasiswa mengalami langsung memiliki peran sebagai pendidik dan anggota masyarakat secara bersamaan.

  • Statistik Pengunjung

    • 881918Total visitors:
    • 162Visitors today:
    • 591Visitors yesterday:
    • 3858Visitors last week:
    • 8755Visitors per month:
    • 528Visitors per day:
    • 0Visitors currently online: