Direktur Kemahasiswaan Kemenristekdikti hadiri Pengukuhan Mahasiswa Baru IKIP Siliwangi.

Minggu, 18 Agustus 2019

Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi menyambut putra-putri terbaik bangsa. Sebanyak 1.586 Mahasiswa Baru (Maba) tahun akademik 2019/2020 dikukuhkan sebagai mahasiswa. Pengukuhan dalam Sidang Terbuka Senat ini digelar di Aula Grha Pancabhakti, pada Minggu (18/8/2019). Mahasiswa ini tersebar dalam 10 Program studi setelah melalui hampir 5 hari masa pengenalan kampus dan pembinaan karakter di lingkungan IKIP Siliwangi, para mahasiswa baru ini diharapkan siap belajar dan berkarya.

Turut hadir dalam memeriahkan acara tersebut Direktur Kemahasiswaan Kemenristekdikti  Dr. H. Didin Wahidin, M.Pd. menjelaskan, tujuan PKKMB bagi mahasiswa baru ini adalah untuk memperkenalkan sekaligus mempersiapkan mahasiswa dalam proses transisi menjadi mahasiswa yang mandiri. Selain itu, sambut Didin, kegiatan PKKMB ini juga untuk mempercepat proses adaptasi mahasiswa baru dengan lingkungan barunya. Jadi, setelah berakhirnya kegiatan Pengenalan Kampus ini, mahasiswa baru diharapkan mampu menjadi mahasiswa yang proaktif di kelas, dewasa, serta mandiri dalam setiap proses pembelajaran. “Jadi nanti saat mulai perkuliahan mereka (mahasiswa baru) harus belajar proaktif, dewasa, dan mandiri dalam perkuliahan hingga lulus menjadi alumni yang berkualitas,” pungkasnya.

IKIP Siliwangi melaksanakan Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi mahasiswa baru (PKKMB) untuk tahun ajaran 2019/2020. “Kegiatan tersebut, akan diisi dengan berbagai kegiatan positif yang terbebas dari kegiatan perploncoan, lima kegiatan utama pada PKKMB IKIP Siliwangi meliputi akdemik, wirausaha sebagai wujud IKIP Siliwangi mendorong karakter kemandirian, outbond, seminar anti narkoba dan anti korupsi untuk menuju generasi muda Indonesia bersih, seminar tentang kesiapan mahasiswa menghadapi era revolusi 4.0, dan seminar untuk menumbuhkembangkan rasa nasionalisme dan bernegara mahasiswa baru sebagai wujud tanggung jawab dan bela negara.