Klaster Penelitian IKIP Siliwangi Per November 2019, Naik Peringkat

Sabtu, 30 November 2019

IKIP Siliwangi akhirnya mendapatkan peningkatan klaster dari binaan menjadi madya. Perubahan klaster ini tertulis sebagaimana Surat dari Direktorat Jenderal Riset dan Pengembangan, Kemenristek Dikti Nomor B/850/E2.4/RS.04/2019 tanggal 19 November 2019, IKIP Siliwangi telah masuk ke dalam klaster Madya dalam bidang penelitian. Hal ini dilihat berdasarkan pada kinerja penelitian yang meliputi Sumber daya manusia, infrastruktur penelitian (ruang LPPM, fasilitas laboratorium, lokasi binaan), manajemen penelititian, luaran penelitian (publikasi pada jurnal dan prosiding seminar, publikasi pada media massa, HKI dan Paten), serta hilirisasi produk hingga pada tingkat teknologi tepat guna.

Untuk menindaklanjuti hal tersebut, pimpinan IKIP Siliwangi yang terdiri dari Rektor dan Para Wakil Rektor, Dekan serta ketua Program studi berkesempatan  untuk menerima piagam penghargaan terkait perubahan klaster penelitian yang diperoleh IKIP Siliwangi. Piagam penghargaan disampaikan langsung oleh Kepala L2DIKTI Wilayah IV Jawa Barat dan Banten, Prof. Dr. Uman Suherman, M.Pd. dan diterima oleh Wakil Rektor I IKIP Siliwangi, Dr. Hj. Euis Eti Rohaeti, M.Pd. yang bertempat di lapangan upacara Gedung Pelatihan L2DIKTI Wilayah IV Jabar dan Banten di Jatinangor, Sumedang pada tanggal 29 November 2019. Pada kesempatan yang sama, rektor IKIP Siliwangi, Prof. Dr. H. Heris Hendriana, M.Pd. berkesempatan mennjadi pemimpin upacara yang sekaligus memperingati Hari Korpri.

Dengan adanya capaian ini, maka pemeringkatan penelitian IKIP Siliwangi mengalami perubahan tengah menyusun recana induk penelitian dan pengabdian yang mampu mengacu pada rencana induk riset nasional tahun 2045. Dengan adanya perubahan tersebut memberikan kesempatan kepada IKIP Siliwangi untuk masuk pada berbagai skema penelitian yang lebih besar di masa yang akan datang.