Mendikbud Sampaikan Sambutan Pada Satria IKIP Siliwangi 2020

Kamis, 3 September 2020

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim menyampaikan dukungan dan apresiasi terhadap program Satria (Student Activities to Reach Intelectual Achievement) IKIP Siliwangi tahun 2020, yang disampaikan melalui aplikasi Zoom Meeting, pada tanggal 3 September 2020. Program Satria adalah rangkaian kegiatan dan materi untuk membangun kesiapan mental dan intelektual mahasiswa baru IKIP Siliwangi dalam menempuh proses pendidikan di IKIP Siliwangi.

Pada acara yang dibuka oleh Rektor IKIP Siliwangi, Prof. Dr. H. Heris Hendriana, M.Pd. tersebut diikuti tidak kurang dari 800 orang mahasiswa baru IKIP Siliwangi. Pada sambutannya, Rektor IKIP Siliwangi mengungkapkan bahwa proses pendidikan di perguruan tinggi membutuhkan konsistensi dan penguatan secara pribadi dari mahasiswa itu sendiri, hal ini untuk mendukung keberhasilan mahasiswa di tengah tantangan dan tuntutan yang ada saat ini. Baik dalam kapasitas intelektual, emosional maupun spiritual. Oleh sebab itu, IKIP Siliwangi berupaya untuk senantiasa memperkuat kapasitas mahasiswa dalam menjawab setiap tantangan tersebut dengan tepat.

Hadir sebagai pemateri lain Prof. Dr. Hj. Euis Eti Rohaeti, M.Pd. yang mengangkat tema pengembangan potensi akademik dan karakter. Dalam materinya, beliau menyampaikan bahwa budaya akademik di lingkungan perguruan tinggi berbeda dengan situasi persekolahan. Oleh  karena itu, mahasiswa harus memiliki karakter kepemimpinan dan determinasi yang tinggi dalam mengembangkan kapasitas dan kualitas kepribadiannya.