I-MES mengadakan Sosialisasi Kebijakan Publikasi dan Saresehan Ketua Program Studi Pendidikan Matematika

Rabu, 21 Oktober 2020

I-MES (Indonesian Mathematics Educators’ Society) sebagai organisasi perhimpunan pendidik dan pecinta matematika menyelenggarakan sosialisasi Kebijakan Publikasi, realisasi kurikulum merdeka belajar dan Saresehan Ketua Program Studi Pendidikan Pendidikan Matematika S1, S2 dan S3. Saresehan tersebut diikuti oleh 169 Ketua program studi pendidikan amtematika se Indonesia. Pada acara tersebut telah hadir Sekretaris Dirjen DIkti Kemendikbud Ibu Dr. Ir. Paristiyanti Nurwardani, M.P. dan Direktur Pengelolaan Kekayaan Intelektual Kemenristk BRIN Prof. Dr. Heri Hermansyah, S.T.,M.Eng.

Dalam kesempatan tersebut Sekjen Dikti Kemendikbud menyampaikan tentang bagaimana program studi Pendidikan matematika bisa memegang peran dalam strategi peningkatan numerasi di Indonesia melalui program kampus merdeka. Posisi kemampuan matematika tahun 2018, Indonesia di urutan 71 lebih rendah dari Kamboja. Kemampuan soft skills mahasiswa tidak dicantumkan secara ekpilisit pada transkip kelulusan. Diharapkan dalam SKPI kemampuan sofs skills mahasiswa tersebut bisa dicantumkan.  Lebih lanjut sekjen Dikti mengharapkan peran program studi matematika di kabupaten/ kota, nasional dan global lebih terdepan dalam merealisasikan arah kebijakan nasional khususnya dalam bidang matematika. Tentang penelitian beliau menyampaikan harapannya agar hasil karya dan penelitian sdosen tidak hanya untuk publikasi tetapi harus berlanjut di area pengabdian kepada masyarakat. Hal ini agar inovasi-inovasi yang dilakukan di kampus dapat memberikan manfaat langsung ke masyarakat.

Direktur kekayaan intelektual kemenristek dikti BRIN, Prof. Dr. Heri Hermansyah, S.T., M.Eng. menyampaikan berbagai skema penelitian dan pengabdian yang bisa diperoleh semua dosen dengan syarat minimal dosen ber-NIDN. Peran Perguruan tinggi tempat dosen berada cukup signifikan dalam memberikan dukungan melalui penyertaan dana internal minimal  10% dari dana yang digelontorkan oleh Kemenristek. Hal ini untuk mendorong akselerasi penelitian, pengabdian  dan publikasi para dosen. Kloning program antara anggota I-MES dengan diseminasi publikasi dan memfasilitasi kenaikan peringkat jurnal dan pendampingan artikel ilmiah diharapkan dapat membantu program BRIN.

Selain kedua pembicara tersebut, Ketua Pembina I-MeS Prof Dr. Zulkardi, M.I.Kom, M.Sc. meyampaikan materi tentang pengelolaan jurnal dan kriteria artikel ilmiah. Beliau menjelaskan tentang kesuksesan JME sebagai jurnal Pendidikan matematika sehingga terindeks scopus Q2. Selain itu Prof. Dr. Euis Eti Rohaeti,M,Pd memimpin langsung diskusi teknis Kerjasama dalam kurikulum merdeka belajar. Dr, Rully Charitas menyampaikan sharing sukses pengelolaan dan submit artikel pada jurnal bereputasi serta melaporkan program kerja sebagai Wakil Ketua I-MES Bidang Publikasi Ilmiah.

Pada kesempatan tersebut, Presiden (Ketua Umum I-MES) Prof. Dr. H. Heris Hendriana, M.Pd menyampaikan ucapan terimakasih kepada Ibu Sekjen Dikti Kemendikbud dan Direktur BRIN Kemenristek atas kehadirannya dan paparan beliau beredua. Disampaikan juga Langkah-langkah realistis I-MeS sebagai organisasi Profesi bidang Pendidikan Matematika dalam melayani, memfasilitasi dan mengkolaborasikan semua potensi dosen Pendidikan matematika. Visi I-Mes “terdepan dan mandiri dalam Inovasi Pembelajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat untuk program studi Pendidikan Matematika”.

Selanjutnya program-program tersebut akan direalisaikan langsung oleh Sekjen I-MES Dr. Wahyu Hidayat dalam bentuk MoU oleh Wakil Ketua Bidang kerjasana (Dr. Abd. Taram-UAD), Workshop publikasi Ilmiah, Inovasi pembelajaran oleh Dr. H. Abdur Rahman As’ari, M.A., M.Pd (UM), Kurikulum merdeka belajar oleh Prof. Dr. Hj. Ratu Ilma Indra Putri, M.Si. (Universitas Sriwijaya).

Para ketua  prodi yang hadir pada kesempatan tersebut mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih atas terselenggaranya acara tersebut, sehingga bisa memberikan wacana baru dan bahan kajian untuk pengembangan keilmuan pendidikan Matematika di berbagai jenjang perguruan tinggi. Hal yang sama juga dirasakan oleh perguruan tinggi yang berasal dari wilayah Indonesia bagian timur sehingga memberikan apresiasi yang luar biasa atas terselenggaranya kegiatan tersebut. Dan mengharapkan kegiatan serupa dapat kembali dilaksanakan di masa yang akan datang.