Rapat Persiapan PPG IKIP Siliwangi Gelombang 1 Tahun 2021

Sabtu, 10 April 2021

Untuk mempersiapkan pelaksanaan program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Gelombang 1 tahun 2021, IKIP Siliwangi melaksanakan rapat persiapan yang digelar di Hotel Simply Valore pada tanggal 9-10 April 2020. Hadir pada kegiatan tersebut, Rektor dan para Wakil Rektor serta panitia pelaksana Pendidikan Profesi Guru (PPG) IKIP Siliwangi. Agenda utama dari rapat persiapan tersebut adalah untuk menyusun kerangka kerja dan program PPG gelombang 1 IKIP Siliwangi.

Pada arahan dan sambutannya, Rektor IKIP Siliwangi, Prof. Dr. H. Heris Hendriana, M.Pd. menyatakan bahwa pelaksanaan program pendidikan profesi guru merupakan salah satu upaya untuk mendukung peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia, melalui program pendidikan profesi bagi para guru. Keikutsertaan IKIP Siliwangi dalam pelaksanaan pendidikan profesi guru merupakan salah satu kepercayaan sekaligus tantangan untuk terus mengokohkan peran IKIP Siliwangi dalam membangun dunia pendidikan di Indonesia, oleh karenanya harus dilaksanakan sebaik-baiknya sesuai dengan kriteria dan standar yang ditentukan oleh pemerintah melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Sementara itu, Penanggungjawab Kegiatan PPG IKIP Siliwangi, Prof. Dr. Hj. Euis Eti Rohaeti, M.Pd. menyatakan bahwa peran serta IKIP Siliwangi merupakan kepercayaan yang harus dijadikan kesempatan untuk terus berpartisipasi dalam peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia, melalui PPG. Sehingga penunjukkan panitia pelaksana PPG, dosen dan guru pamong mempertimbangkan berbagai hal, selain berdasarkan pada kriteria yang ditetapkan oleh pemerintah juga harus memenuhi standar dalam penguasaan berbagai metode pembelajaran dan penguasaan teknologi informasi yang mendukung dalam pelaksanaan PPG di IKIP Siliwangi. Mengingat mahasiswa PPG merupakan guru yang telah memiliki pengalaman, namun perlu mendapatkan penguatan dalam kapasitas pelaksanaan pendidikan sehingga lebih mampu untuk menjawab tantangan dan kebutuhan dunia pendidikan di Indonesia saat ini maupun di masa yang akan datang.