IKIP Siliwangi Menjadi Host dalam Workshop dan Coaching Clinic Proposal Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) 2022

Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, mengembangkan berbagai program yang bertujuan untuk memfasilitasi mahasiswa, dosen dan sivitas akademika perguruan tinggi untuk secara aktif terlibat dalam berbagai kegiatan di tengah masyarakat, dunia usaha dan dunia industri maupun di lingkungan perguruan tinggi lain di dalam dan di luar negeri. Salah satu bentuk program tersebut adalah Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) tahun 2022 yang telah dibuka pada bulan Mei tahun 2022. Sebagai bentuk dukungan terhadap program tersebut, IKIP Siliwangi mendapatkan kepercayaan untuk menjadi host dalam Acara Workshop dan Coaching Clinic Proposal P2MW tahun 2022 yang dilaksanakan secara daring dan luring pada hari Sabut, 21 Mei 2022. Acara luring dihadiri tidak kurang dari 150 orang peserta yang hadir dari berbagai perguruan tinggi, baik dosen maupun mahasiswa bertempat di Gedung Graha Panca Bhakti IKIP Siliwangi. Sedangkan acara daring dihadiri kurang lebih 200 orang peserta melalui aplikasi Zoom Meeting.

Acara dimulai dengan sambutan dari Kepala LLDIKTI Wilayah IV Jawa Barat dan Banten, Dr. M. Samsuri, M.T. yang menyampaikan ucapan terima kasih kepada IKIP Siliwangi yang telah bersedia menjadi host dalam acara tersebut, serta menyampaikan motivasi bahwa program ini memberikan kesempatan kepada para mahasiswa dan dosen untuk bergerak di dalam ruang lingkup yang lebih luas dan nyata di tengah masyarakat maupun di tengah dunia usaha agar mahasiswa maupun dosen dapat memahami konteks perkembangan dunia industri saat ini maupun di masa yang akan datang sesuai dengan bidang keahliannya juga sesuai dengan tuntutan masyarakat sebagai pengguna lulusan.

Acara dilanjutkan dengan sambutan dari Rektor IKIP Siliwangi, Prof. Dr. Hj. Euis Eti Rohaeti, M.Pd. yang menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kesempatan bagi seluruh pihak, baik dosen maupun mahasiswa untuk terlibat dalam dunia usaha yang berkembang sangat cepat. Dengan berbagai potensi yang ada, program ini memberikan tantangan sekaligus kesempatan untuk memanfaatkan sumber daya yang ada baik sumber daya alam maupun sumber daya manusia di sekitar kita. Sehingga memberikan dukungan dalam memperkuat akselerasi dan pemerataan pembangunan di Indonesia.

Hadir sebagai pemateri utama dalam kegiatan ini adalah Dr. Tri Siwi Agustina, SE, M.Si. yang menyampaikan materi tentang Kebijakan Program Pembinaan Wirausaha Mahasiswa (P2MW) kemudian dilanjutkan oleh pemateri kedua yaitu Sucipto, ST, M.H. yang menyampaikan materi tentang Proses mekanisme proposal dalam sistem P2MW. Pemateri di dampingi oleh moderator Adi Nurjaman, M.Pd.

Acara ditutup dengan penyerahan cindera mata secara daring kepada pemateri pertama Dr. Tri Siwi Agustina, SE, M.Si. yang diberikan oleh Wakil Rektor Bidang Kepegawaian dan Kemahasiswaan IKIP Siliwangi, Dr. Wahyu Hidayat, M.Pd. yang hadir secara luring kemudian penyerahan cinderamata kepada pemateri kedua yaitu Sucipto, ST, M.H.

Dalam penutupan acara, Wakil Rektor Bidang Kepegawaian dan Kemahasiswaan IKIP Siliwangi, Dr. Wahyu Hidayat, M.Pd. menyampaikan dukungan dan motivasi kepada seluruh peserta untuk dapat berpartisipasi secara aktif dalam program P2MW. Dengan harapan di masa yang akan datang akan lahir pengusaha-pengusaha yang visioner dan dapat memberikan manfaat terbaik bagi nusa dan bangsa Indonesia.

Materi Workshop dan Coaching Clinic dapat diunduh pada tautan berikut :

Materi Workhsop

 

Scroll to Top