Rektor IKIP Siliwangi Pembicara – Review Kurikulum Berbasis OBE Mendukung Program MBKM

Universitas Terbuka Tangerang Selatan pada 07 November 2022, mengadakan kegiatan Review Kurikulum Berbasis OBE untuk Mendukung Program MBKM.  Rektor IKIP Siliwangi Prof. Dr. Hj. Euis Eti Rohaeti, M.Pd menjadi pembicara pada kegiatan Review Kurikulum Berbasis OBE untuk Mendukung Program MBKM Prodi Pendidikan Matematika Universitas Terbuka.

Tujuan dilakukannya kegiatan tersebut ialah untuk memberikan fleksibilitas bagi satuan pendidikan di Universitas Terbuka dalam merancang kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran mahasiswa, mulai dari persiapan, pelaksanaan, pengembangan hingga evaluasi. Kurikulum OBE  atau Outcome-Based Education yakni kurikulum yang berfokus pada capaian pembelajaran dimana diharapkan mampu memenuhi aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap sesuai keadaan sosial, ekonomi dan budaya akademik. Dengan hal lainnya dapat mendukung Program MBKM. Pentingnya pembentukan kurikulum dengan baik dan benar guna mewadahi pendidikan abad 21 serta memungkinkan mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan baru, mempersiapkan segala potensi dan kompetensi yang dimilikinya hingga siap bersaing di dunia kerja. Program MBKM ini dapat memberikan wawasan dan pengalaman praktis kepada mahasiswa mengenai kegiatan riil di dunia industri, dunia usaha, dan dunia kerja (IDUKA) yang dilaksanakan selama 1 semester.

Program MBKM di suatu Perguruan Tinggi (PT) dapat dilakukan melalui berbagai kegiatan, diantaranya; pertukaran pelajar, magang atau praktik kerja, penelitian atau riset, pengabdian kepada masyarakat, Kegiatan wirausaha/entrepreneurship, studi/proyek independen, kuliah kerja nyata (KKN). Dengan dilakukannya kegiatan Review Kurikulum Berbasis OBE sistem pembelajaran menjadi terarah dan akan berlangsung secara efisien sehingga dapat Mendukung Program MBKM Prodi Pendidikan Matematika di Universitas Terbuka.

Scroll to Top