Bakti IKIP Siliwangi dalam Pemulihan Pendidikan di Cianjur Pasca Gempa Melalui Gerakan IKIP Siliwangi Mengajar (GISMA) 2023

Gempa bumi yang terjadi di wilayah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat pada 21 November 2022 menyebabkan infrastruktur pendidikan  rusak dan mengakibatkan 635 orang meninggal dunia. Hal ini membutuhkan penanganan terutama pada fase pemulihan korban bencana gempa yang meliputi perbaikan infrastruktur sosial, pendidikan, layanan kesehatan dan fasilitas ekonomi masyarakat. IKIP Siliwangi sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi yang telah lama berkiprah dalam dunia pendidikan di Jawa Barat berkontribusi dalam beberapa program bantuan bagi korban gempa Cianjur.

          

Bantuan pertama dilaksanakan atas koordinasi bersama LLDIKTI Wilayah IV Jawa Barat dan Banten pada bulan November 2022 bersama dengan perguruan tinggi yang berdomisili di Kota Cimahi. Kemudian IKIP Siliwangi yang diwakili oleh Rektor IKIP Siliwangi, Prof. Dr. Hj. Euis Eti Rohaeti, M.Pd.  dan Direktur Pascasarjana, Prof. Dr. H. Heris Hendriana, M.Pd. bersama dengan paguyuban guru besar LLDIKTI Wilayah IV menemui Bupati Kabupaten Cianjur, Drs. H. Herman Suherman, MM. Di pendopo Kabupaten Cianjur pada hari Minggu, 27 November 2022.

Kemudian sebagai tindaklanjut pertemuan tersebut, IKIP Siliwangi melaksanakan program Gerakan IKIP Siliwangi Mengajar (GISMA) tahun 2023 yang bertujuan untuk melibatkan mahasiswa dan dosen dalam program recovery pendidikan bagi masyarakat pasca gempa. Program tersebut, melibatkan 362 orang mahasiswa dan 18 orang dosen yang ditempatkan di 18 lokasi satuan pendidikan pada jenjang pendidikan anak usia dini/ sederajat, sekolah dasar, sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas/ kejuruan. Program yang dilaksanakan adalah pendampingan pembelajaran bagi siswa sekolah, pelatihan bagi guru dan kegiatan kemasyarakatan di sekitar posko GISMA.

Program Gerakan IKIP Siliwangi Mengajar (GISMA) merupakan salah satu program unggulan IKIP Siliwangi yang mengintegrasikan antara program Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan Program Praktek Lapangan (PPL) bagi para mahasiswa pada waktu yang bersamaan. Sehingga pengalaman mahasiswa selama berada di lapangan terbentuk secara utuh, karena mahasiswa memiliki kesempatan untuk mempraktekan keilmuan dalam bidang pendidikan di sekolah sekaligus mendampingi program pendidikan di tengah masyarakat. Program GISMA IKIP Siliwangi dilaksanakan pada tanggal 11 Januari hingga 18 Maret 2022.

Pelepasan Mahasiswa GISMA

Upacara pelepasan peserta GISMA dilaksanakan di Markas Komando Distrik Militer 0608 Cianjur yang dihadiri oleh Ketua Yayasan Kartika Jaya, Ny. Ana Juniani beserta jajaran pengurus yayasan, Rektor IKIP Siliwangi beserta jajaran serta Kepala LLDIKTI Wilayah IV Jawa Barat dan Banten pada 11 Januari 2022. Dalam sambutannya, Rektor IKIP Siliwangi, Prof. Dr. Hj. Euis Eti Rohaeti, M.Pd. mengungkapkan bahwa dalam pelaksanaan program GISMA ini, selain mengintegrasikan antara KKN dan PPL, mahasiswa dan dosen juga dituntut untuk dapat beradaptasi dengan berbagai kondisi yang berkembang di tengah masyarakat, terutama para penyintas gempa Cianjur. Sehingga harus mengedepankan pendekatan yang humanis dan proaktif untuk mengembalikan semangat siswa dan masyarakat untuk kembali terlibat dalam program pendidikan di Cianjur, walaupun dalam kondisi yang sangat memprihatinkan.

Sedangkan Ketua LLDIKTI Wilayah IV Jawa Barat dan Banten, Dr. M. Samsuri, M.T. menyampaikan rasa bangga dan dukungan terhadap program GISMA IKIP Siliwangi tahun 2023. Ini menunjukkan bahwa perguruan tinggi mampu berperan secara langsung dalam pemulihan pendidikan di Cianjur, terutama dengan melibatkan mahasiswa dan dosen dari IKIP Siliwangi yang secara konsisten menunjukkan komitmen untuk terus membangun dunia pendidikan di Jawa Barat dan Banten.

Sedangkan Ketua Yayasan Kartika Jaya, Ny. Ana Juniani menyampaikan ucapan terima kasih dan selamat berjuang kepada mahasiswa dan dosen yang terlibat dalam program Gerakan IKIP Siliwangi Mengajar tahun 2023 seraya berharap semoga kesempatan ini menjadi wahana untuk menemukan jati diri sebagai pendidik yang pejuang untuk memulihkan kembali kondisi pendidikan bagi para penyintas gempa di Cianjur.

Dukungan Ketua Dewan Pembina Yayasan Kartika Jaya

Program Gerakan IKIP Siliwangi Mengajar (GISMA) tahun 2023 mendapatkan perhatian dan dukungan dari Ketua Dewan Pembina Yayasann Kartika Jaya, Ny. Rahma Setyaningsih Abdurachman. Dalam kunjungan yang dilaksanakan pada 7 Februari 2023 bertempat di Markas Komando Distrik Militer 0608 Cianjur, Ketua Dewan Pembina Yayasan Kartika Jaya juga menyampaikan bantuan dalam bentuk dana dan bingkisan bagi 362 orang mahasiswa dan 18 orang Dosen Pembimbing Lapangan GISMA. Hadir dalam acara ini Ketua Yayasan Kartika Jaya, Ny. Ana Juniani, beserta pengurus, Rektor IKIP Siliwangi, Prof. Dr. Hj. Euis Eti Rohaeti, M.Pd. dan unsur pimpinan IKIP Siliwangi.

Dalam sambutannya, beliau menyatakan bahwa program Kuliah Kerja Nyata dan Praktik Pengalaman Lapangan yang dilaksanakan di Cianjur menjadi salah satu kesempatan dan tantangan bagi mahasiswa dalam melaksanakan berbagai kompetensi yang telah diperoleh selama mengikuti pendidikan akademik di IKIP Siliwangi. Sehingga harus menjadi sarana dalam menempa kepribadian dan kompetensi agar mampu memberikan kontribusi secara positif di tengah kehidupan masyarakat, terutama bagi masyarakat yang terdampak bencana di Kabupaten Cianjur.

Scroll to Top