Pelantikan Pengurus I-MES Wilayah Jawa Barat dan Sosialisasi Penyusunan Proposal Penelitian – IKIP Siliwangi 2023

Pengurus Indonesian Mathematics Educators’ Society (I-MES) Wilayah Jawa Barat dilantik oleh Ketua umum I-MES, Prof. Dr. H. Heris Hendriana, M.Pd., pada Jumat (13/1/2023). Pelantikan disaksikan oleh Sekjen I-MES, Dr. Wahyu Hidayat, M.Pd., Ketua I-MES Wilayah Jawa Barat, Dr. Usep Kosasih, M.Pd., Rektor IKIP Siliwangi dan Wakil Rektor IKIP Siliwangi, beserta Dosen Pendidikan Matematika di Wilayah Jawa Barat.

Acara pelantikan dibuka dengan pembacaan doa yang dipandu oleh Bapak Wahyu Setiawan, M.Pd., dengan harapan pelaksanaan pelantikan dapat berjalan dengan khidmat. Acara ini dilaksanakan secara luring yang bertepatan di Gedung Graha Panca Bhakti IKIP Siliwangi dan secara daring via zoom meeting, untuk meningkatkan dan mengembangkan kualitas pendidikan matematika terutama di wilayah Jawa Barat. Sebagai wujud integrasi pengembangan kualitas pendidikan matematika, IKIP Siliwangi berkolaborasi bersama Universitas Sriwijaya yang ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerjasama antara S2 Pendidikan Matematika IKIP Siliwangi dengan S3 Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sriwijaya, oleh Prof. Dr. H. Heris Hendriana, M,Pd., dan Dr. Anik Yuliani, M.Pd dari IKIP Siliwangi, serta Prof. Dr. Zulkardi, M. I. Komp., M. Sc. dari Universitas Sriwijaya.

   

Dilanjutkan dengan pengantar kata dari ketua I-MES, Dr. Usep Kosasih, M.Pd., dan Ketua Umum I-MES, Prof. Dr. H. Heris Hendriana, M.Pd.

Dalam sambutannya Prof. Dr. H. Heris Hendriana, M.Pd., mengutarakan  bahwa ajang perkumpulan ini menjadi suatu kebahagiaan, sesuai dengan jargon I-MES “Menebar manfaat, menebar kebahagiaan untuk memperoleh manfaat”. Pendirian I-MES didasari oleh kebermanfaatan kepada masyarakat, pendidikan, khusunya pendidikan matematika. I-MES sebagai organisasi tempat berkumpulnya para ahli pendidikan matematika dan para dosen dengan home base di pendidikan matematika dan para guru matematika, tempat bercengkrama, berdiskusi, mengembangkan diri dan juga tempat memberi kebermanfaatan dengan kelebihan-kelebihan dari ciri khas yang  dimiliki oleh kelompok bidang kajian dalam bidang matematika, tentunya untuk mencapai reputasi Program Studi Pendidikan Matematika salah satunya di IKIP Siliwangi.

Dalam sambutannya Rektor IKIP Siliwangi, Prof. Dr. Hj. Euis Eti Rohaeti, M.Pd., menyampaikan bahwa terlaksananya pelantikan pengurus I-MES di IKIP Siliwangi menjadi suatu kehormatan bagi IKIP Siliwangi serta mengucapkan permohonan maaf jika sarana dan prasarana yang tersedia di IKIP Siliwangi kurang memadai, namun dengan niat tulus bahwa IKIP Siliwangi siap untuk mendukung berbagai kegiatan I-MES. Keberadaannya Rektor IKIP Siliwangi di I-MES sebagai Wakil Ketua bidang Kurikulum dan Pembelajaran sudah disampaikan pada rapat pengurus bahwa salah satu agenda yang akan dilakukan sesuai dengan bidang Kurikulum dan Pembelajaran ialah Sarasehan Ketua Program Studi S1, S2, dan S3 di Pendidikan Matematika. Besar harapan semoga program-program yang digelar I-MES senantiasa terlaksana dengan baik.

Pada rangkaian kegiatan pelantikan tersebut, juga sekaligus dilakukan Sosialisasi Penyusunan Proposal Penelitian I-MES dengan penyampaian materi bertemakan “Perkembangan Penelitian dan Penyusunan Proposal Penelitian Pendidikan Matematika, beserta Kiat Lolos Hibah Penelitian”, yang dipandu langsung oleh Prof. Dr. Ratu Ilma Indra Putri, M.Si. dan pada sesi kedua penyampaian materi bertemakan “Kiat-kiat Publikasi di Jurnal Internasional Bereputasi” oleh Prof. Zulkardi, M. I. Komp., M. Sc.

Dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab.

Dilantiknya pengurus I-MES, dengan harapan dedikasi pengurus dan jalinan tanggung jawabnya dalam mengemban tugas semakin lebih baik dan amanah dalam meningkatkan mutu dan kompetensi dosen dan guru dalam pendidikan matematika di Indonesia.

 

“Menebar Manfaat, Menebar Kebahagiaan untuk Memperoleh Manfaat”.