Memacu Pencapaian Kampus Unggul dan Bereputasi Melalui Evaluasi Kinerja dan Rencana Program Kerja Pada Acara Rapat Kerja IKIP Siliwangi Tahun 2023

IKIP Siliwangi merupakan salah satu perguruan tinggi yang memiliki reputasi dan prestasi dalam perjalanannya. Peta perjalanan yang bergulir dari setiap kepemimpinan serta dinamikanya, meberikan tantangan yang berimplikasi terhadap perkembangan institusi baik secara kualitas maupun kuantitas. Hal tersebut dibukktikan dengan ragam prestasi yang diraih IKIP Siliwangi dari masa ke masa. Namun ragam prestasi tersebut tidak berarti tanpa adanya sinergitas dan dukungan kuat dari seluruh pemangku kepentingan dalam mensukseskan IKIP Siliwangi menjadi perguruan tinggi yang memiliki prestasi dan reputasi yang unggul.

Untuk meningkatkan prestasi dan reputasi yang unggul, maka IKIP SIliwangi perlu menyiapkan ragam program tri dharma yang mengacu pada sebuah Indikator Kinerja Utama (IKU) Pendidikan tinggi. Program evaluasi kinerja yang dilakukan pada satuan program Rapat Kerja (Raker) IKIP Siliwangi thaun 2023 kali ini, merupakan salah satu upaya evaluasi terhadap program kerja yang telah dilaksanakan pada tahun sebelumnya.

Rapat kerja IKIP Siliwangi tahun 2023 yang dilaksanakan di Hotel Amaryllis Bogor dihadiri oleh Kepala Pembina Yayasan Kartika Jaya yang diwakili oleh Itsus Brigjen Irham, diikuti Ketua Yayasa Kartika Jaya Ny. Ana Juniani dan pengurus, serta Rektor IKIP Siliwangi Prof. Dr. Hj. Euis Eti Rohaeti, M.Pd, unsur pimpinan, kepala bagian, dan seluruh kepala UPT. Dengan mengusung tema “Bekerja dan Bersinergi dalam Mewujudkan IKIP Siliwangi yang Berreputasi dan Unggul” diharapkan kegiatan Rapat Kerja ini memberikan dampak positif atas kemajuan kinerja seluruh bidang struktur dalam mensukseskan visi dan misi kampus IKIP Siliwangi.

   

Pelaksanaan kegiatan raker dilaksanakan selama 3 hari. Hari pertama diawali dengan pembukaan dan sambutan serta arahan dari ketua pembina Yayasan Kartika Jaya (YKJ). Dalam sambutannya ketua pembina YKJ yang diwakili oleh Itsus Brigjen Irham menyampaikan, IKIP Siliwangi harus memiliki targetan dalam meraih kampus yang unggul dan bereputasi, mengingat secara histori IKIP Siliwangi bukan kampus baru yang berdiri di tanah Kota Cimahi, sehingga capaian utama di periode kepemimpinan ini harus memenuhi target, salah satunya memperoleh akreditasi unggul. Selain itu ketua YKJ Ny. Ana Juniani menyampaikan, utuk mencapai peringkat unggul maka perlu sinergitas yang solid antar IKIP Siliwangi dengan Yayasan Kartika Jaya salah satunya dalam memenuhi fasilitas kampus melalui pembangunan yang dilakukan secara bertahap, karena bagaimanapun indikator unggul suatu lembaga harus tercermin pula dari fasilitas yang diberikan kepada para mahasiswa. Adapun sambutan yang disampaikan Rektor IKIP Siliwangi Prof. Dr. Hj. Euis Eti Rohaeti, M.Pd yaitu mengenai konsep dan tujuan dari raker. Konsep yang dirancang pada raker kali ini lebih kepada analisis swot yang mengevaluasi terhadap seluruh program tahun 2022, baik ketercapaian maupun hambatan, serta strategi yang dilakukan, ia menegaskan agar seluruh struktural di bawah arahan para Wakil Rektor, mampu mengoptimalkan rencana dan strategi pencapaiannya pada tahun 2023.

Agenda hari ke dua dilanjutkan dengan pemaparan capaian yang dipaparkan oleh seluruh bidang, antara lain Wakil Rektor Akademik yang membidangi struktur bagian akademik, LPPM, UPT PPL, para dekan, dan para ketua program studi. Dalam laporan evaluasinya Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. Hj. Wikanengsih, M.Pd memaparkan, seluruh program akademik pada dasarnya sudah mengikuti capaian Indikator Kinarja Utama (IKU) Perguruan Tinggi, hanya beberapa prestasi penghargaan belum dapat diraih kembali seperti pada tahun lalu, salah satunya pelaporan PDDIKTI, mengingat IKIP Siliwangi harus beradaptasi kembali terhadap seluruh perubahan sistem yang disediakan oleh kemendikbudristek.

Laporan ke dua dilanjutkan oleh Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Kerja Sama Dr. M. Afrilianto, M.Pd, yang membidangi bagian keuangan, bagian sarana prasarana, UPT humas dan kerja sama, UPT Perpustakaan, serta UPT keagamaan dan pengembangan karakter. Dalam laporan pencapaian dan evaluasinya Wakil Rektor bidang Keuangan dan Kerjasama menyampaikan, keuangan menjadi salah satu bagian yang vital dalam struktur lembaga di IKIP Siliwangi, sehingga perlu suatu sistem yang terintegrasi dengan seluruh bidang agar transparansi dan akuntabilitas dapat teroptimalkan. Selain itu, disampaikan pula pengembangan sarana/fasilitas kampus di tahun 2023 akan terus dikembangkan secara bertahap bekerja sama langsung dengan YKJ sebagai pengelola, hal ini dimaksudkan agar optimalisasi fasilitas dapat mendukung secara penuh terhadap kesuksesan program tri dharma perguruan tinggi.

Laporan terakhir disampaikan oleh Wakil Rektor Sumber Daya Dr. Wahu Hidayat, M.Pd, yang membidangi bagian kepegawaian, bagian kemahasiswaan, UPT pengembangan IT, publikasi dan HKI, UPT career and development (CDC), serta Lab BK. Ragam capaian yang telah dilakukan pada Wakil Rektor Bidang Sumber Daya antara lain prestasi publikasi IKIP Siliwangi pada laman Science and Technology Index (Sinta) Nasional berada pada peringkat 289 dari jumlah ribuan perguruan tinggi, selain itu kenaikan jabatan fungsional akademik lektor dan lektor kepala tahun 2022-2023 akan memperkuat kualitas SDM dosen, juga salah satu jurnal IKIP Siliwangi yang bernama Infiniti Journal sudah masuk kedalam index scopus (internasional). Namun ragam capain tersebut tentu banyak hal yang perlu dievaluasi kembali, antara lain percepatan jabatan akademik bagi para dosen senior harus diasistensi dengan tim khusus dari bagian kepegawaian, kemudian semangat riset dosen harus selalu didukung secara moril dan meteril agar percepatan menuju kampus unggul dapat terus dipacu.

     

Pada hari ke tiga kegiatan raker ditutup dengan pembahasan rencana program, revisi dokumen laporan, kesimpulan laporan, serta penandatanganan dokumen laporan dan rencana program kerja tahun 2023-2024 oleh Ketua Yayasan Kartika Jaya dan Rektor IKIP Siliwangi. Laporan ini dijadikan sebuah acuan dan rekomendasi terhadap tujuan visi dan misi kampus agar pelaksanaan program dapat rirencanakan, dikontrol, dievaluasi, dan dianalisis dalam upaya memajukan kampus IKIP Siliwangi yang unggul dan bereputasi, tegas Ketua YKJ dan Rektor IKIP Siliwangi.

Scroll to Top