Akselerasi Peningkatan Akreditasi Perguruan Tinggi LLDIKTI IV di IKIP Siliwangi

Peningkatan Akreditasi begitu penting sebagai jaminan kualitas Perguruan Tinggi di mata publik nasional maupun internasional. Dengan akreditasi, mutu dan kualitas suatu Perguruan Tinggi dapat dikenali oleh perguruan tinggi lainnya baik di dalam negeri maupun luar negeri. Bagi suatu lembaga khususnya IKIP Siliwangi, akreditasi membantu untuk mengetahui sejauhmana kampus telah memenuhi kriteria mutu yang sudah ditetapkan pemerintah atau Standar Nasional Pendidikan sebagai standar minimal kualitas (minimum standards of quality), sebagai referensi bagi semua pihak pada lembaga untuk melakukan evaluasi terhadap kinerja. Dengan demikian, untuk menjalin keselarasan dalam peningkatan akreditasi Perguruan Tinggi, IKIP siliwangi menjadi tuan rumah pada pelaksanaan akselerasi peningkatan akreditasi Perguruan Tinggi di lingkungan LLDIKTI Wilayah IV yang bertepatan di Aula Graha Panca Bhakti IKIP Siliwangi (Kamis, 22 Juni 2023). Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala LLDIKTI IV, Dr. M. Samsuri, S.Pd., M.T. IPU., Rektor IKIP Siliwangi, Prof. Dr. Hj. Euis Eti Rohaeti, M. Pd., Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. Hj. Wikanengsih, M. Pd., Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Sarana Prasarana, Dr. M. Afrilianto, M. Pd., Wakil Rektor Bidang Sumber Daya, Dr. Wahyu Hidayat, M. Pd., dan para narasumber yang kompeten terhadap peningkatan akreditasi bagi Perguruan Tinggi, beserta para dosen dari berbagai kampus di lingkungan LLDIKTI Wilayah IV.

Masuk pada sesi pertama penyampaian materi oleh  Prof. Ari Purbayanto, Ph.D. (Direktur Dewan Eksekutif BAN-PT) dengan tema “Kebijakan BAN-PT tentang Akreditasi Perguruan Tinggi”., Dr. Slamet Wahyudi, M.T. (Anggota Dewan Eksekutif BAN-PT) mengenai “Panduan Teknis Pengisian Borang Akreditasi dan LED Perguruan Tinggi serta Instrumen Pemantauan dan Evaluasi Peringkat Akreditasi (IPEPA)., yang dimoderatori oleh Dr. Wahyu Hidayat, M. Pd. (Wakil Rektor Bidang Sumber Daya IKIP Siliwangi). Pada sesi kedua materi disampaikan oleh Prof. Ir. A. Harits Nu’man, M.T., Ph.D., IPM., dengan tema “Best Practice Meraih Peringkat Unggul dalam Akreditasi Perguruan Tinggi”, yang dimoderatori oleh Agus Gumilar, S.T. M.Kom.

Dalam peningkatan akreditasi bagi Perguruan Tinggi, terdapat syarat operasional yang perlu dipenuhi oleh Perguruan Tinggi di lingkungan LLDIKI Wilayah IV baik secara praktis maupun secara teoritis sebagai penunjang kinerja, akselerasi gelar dosen sebagai pendidik, mutu program studi, dan sistem kerja dengan mutu internal. Dengan adanya pelaksanaan akselerasi peningkatan akreditasi ini, Perguruan Tinggi di lingkungan LLDIKTI Wilayah IV menjadi semakin berkualitas, dapat mencapai visi dengan akreditasi unggul dan menjadi kampus teladan untuk akses pendidikan di Indonesia.

#Ingat Guru Ingat IKIP Siliwangi

Scroll to Top