LPTK PPG IKIP Siliwangi Selenggarakan Peningkatan Kompetensi Mahasiswa PPG Prajabatan

Kompetensi mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam Jabatan di Era disrupsi seyogianya mampu menjadi guru yang kompeten dalam kapasitasnya sebagai guru profesional, mulai dari kompetensi pedagogie, kepribadian, sosial, maupun profesional. Untuk itu, LPTK IKIP Siliwangi menginisiasi program yang mampu menunjang terhadap peningkatan kompetensi mahasiswa PPG Prajabatan, agar begitu selesainya program PPG yang ditempuh mampu mengoptimalkan kompetensi mahasiswa menjadi guru yang lebih handal, inovatif, kompetitif dan siap dengan berbagai tantangan zaman.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 4 hari mulai dari tanggal 24-28 Juni 2023. Adapun rangkaian materi yang diulas dalam kegiatan hari pertama antara lain: 1) Strategi Publikasi dalam Pendidikan Profesi Guru oleh Prof. Dr. Bachrudin Musthafa, M.A.; 2) Isu-isu global dalam Penulisan Buku Ajar oleh Prof. Dr. H. Dadang Sunendar, M.Hum; dan 3) Tantangan Guru Profesional di Masa Depan oleh Dr. Agusti Tamrin, M.Si. Di hari ke-2 dilanjutkan dengan rangkaian materi berikut: 1) Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar oleh Dr. Baharudin, M.Pd; dan 2) Mentoring Skills dalam Kegiatan Mahasiswa PPL Prajabatan oleh Dr.Maria Fitriana,S.Sos. Di hari ke-3 materi dilanjutkan dengan rangkaian topik berikut: 1) Desain Invensi dan Inovasi Pembelajaran oleh Prof. Dr. Suryanti, M.Pd; 2) Profil Guru di Masa Depan oleh Dr. H. Rustiyana, ST., MT., M.Pd., M.AP. Tidak sampai di sana untuk melengkapi komposisi materi di hari terakhir diulai mengenai materi: 1) KOmpetensi guru di masa depan oleh Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd; dan sebagai penutup materi diakhiri oleh topik PPL Berkualitas dan Menyenangkan oleh Dr. rer.nat. Nandi, S.Pd., M.T., M.Sc.

Rangkaian materi ini diharapkan menjadi suplemen penunjang dalam mengingkatkan kompetensi mahasiswa PPG Prajabatan sebagai guru profesional dan siap tersertifikasi. Dr. Asep Samsudin, M.Pd selaku koordinator PPG LPTK IKIP Siliwangi menyampaikan, “peningkatan kompetensi melalui materi PPG Prajabatan selama 2 semester sebetulnya sudah representatif bagi para mahasiswa, yang notabene diikuti oleh guru-guru muda, sehingga perlu suplement tambahan berupa workshop dalam menunjang peningkatan kompetensi mahasiswa”. Tidak hanya itu, kegiatan ini turut mengundang para dosen PPG dan Guru Pamong, serta mitra-mitra yang mendukung suksesi pelaksanaan PPG di IKIP Siliwangi. Dr. Fitri Kania, M.Pd selaku guru pamong turut memberikan apresiasi atas pelaksanaan kegiatan ini. “Saya kira kegiatan ini harus terus secara konsisten dilaksanakan sebagai penunjang kompetensi mahasiswa, mengingat kebutuhan guru saat ini dengan dominasi guru-guru muda, harus memperoleh kesiapan yang jauh lebih tinggi dalam menguasai informasi bagu dibanding guru-guru angkatan lama.

Scroll to Top