IKIP Siliwangi Kembali Kukuhkan Guru Besar Baru dalam Bidang Matematika

Setelah ditetapkannya gelar akademik Profesor muda di Wilayah LLDIKTI IV Jawa Barat, kini Prof. Dr. Wahyu Hidayat, M.Pd secara resmi dikukuhkan dalam Sidang Senat Terbuka Luar Biasa  2023. Dalam momentum pengukuhan ini turut dihadiri oleh Rektor IKIP Siliwangi, para wakil rektor, dekan, ketua program studi, dosen, dan beberapa perwakilan civitas akademika lainnya di lingkungan IKIP Siliwangi. Kegiatan ini turut dihadiri pula oleh para tamu undangan diantaranya Ketua Yayasan kertika Jaya, Kepala LLDIKTI Wilayah IV yang diwakilkan, Paguyuban Guru besar Jawa Barat, serta tamu undangan dari beberapa perguruan tinggi lainnya.

Dalam orasi ilmiahnya Prof. Dr. Wahyu Hidayat, M.Pd berhasil melahirkan karya inovasi yang disebut dengan Pembelajaran Imagination (Improvement of Mathematical Ability throuGh InstructioNal mediA based on adversiTy quotIent in educatiON). Secara konseptual Pembelajaran Imagination dalam matematika ini difokuskan pada konsep pembelajaran melalui pemanfaatan konten dan media teknologi serta memanfaatkan pembelajaran berdiferensiasi, sehingga mamu mengukur indikator belajar siswa melalui 3 konsep yakni quitters, campers, dan climbers atau yang disebut dengan Adversity Quotient.

Momen haru ini menjadi salah satu karya monumental dalam hidup, sehingga saya berharap gelar akademik profesor ini tidak berakhir sampai di saya, namun mampu menjadi pemicu dalam melahirkan profesor lainnya dari IKIP Siliwangi, jelas Wakil Rektor Bidang Sumber Daya. Sambutan hangat disampaikan dari beberapa personalia salah satunya Rektor IKIP Siliwangi. Dalam Sambutannya Prof. Dr. Euis Eti Rohaeti, M.Pd menjelaskan, gelar akademik tertinggi ini menjadi 2 sisi falue bagi Prof. Wahyu, pertama sebagai ujian dan amanah yang tentu harus diamalkan dan menjadi teladan serta motivasi bagi civitas akademika IKIP Siliwangi, kedua menjadi syukur, sehingga ilmu yang didapat memberi keberkahan dalam hidup.

Selain itu, secara tidak langsung dalam vidionya Kepala LLDIKTI Wilayah IV juga memberikan ucapan selamat dan kebanggaan bagi IKIP Siliwangi khususnya Prof. Dr. Wahyu Hidayat, M.Pd, yang telah berhasil meraih gelar akademik sebagai profesor termuda di Jawa Barat, semoga dengan dikukuhkannya Prof. Wahyu memberi dampak dan motivasi besar bagi seluruh dosen di Jawa Barat.

Scroll to Top